geng338
7 manfaat yang muncul dari Bacopa monnieri (brahmi)) – Indoline
info games online terbaik saat ini
Health  

7 manfaat yang muncul dari Bacopa monnieri (brahmi))

7 manfaat yang muncul dari Bacopa monnieri (brahmi))
7 manfaat yang muncul dari Bacopa monnieri (brahmi))

Indoline – Bacopa monnieri, juga dikenal sebagai Brahmi, Hisop, Thyme Leaf Gratiola dan Elegant Herb, adalah tanaman utama dalam pengobatan tradisional Ayurveda.

Tumbuh di lingkungan tropis yang lembab dan kemampuannya untuk tumbuh subur di bawah air membuatnya populer di akuarium.

Selama berabad-abad, Bacopa monnieri telah digunakan oleh dokter Ayurveda untuk berbagai tujuan, termasuk meningkatkan daya ingat, mengurangi kecemasan, dan mengobati epilepsi.

Penelitian telah menunjukkan bahwa hal itu dapat meningkatkan fungsi otak dan meredakan kecemasan dan stres, di antara manfaat lainnya.

Sebuah kelas senyawa kuat yang disebut bacosides dalam Bacopa monnieri dianggap bertanggung jawab atas manfaat-manfaat ini.

Berikut adalah tujuh manfaat Bacopa monnieri yang muncul.

1. Bacopa monnieri mengandung antioksidan yang kuat.
Antioksidan adalah zat yang membantu mencegah kerusakan sel yang disebabkan oleh molekul yang berpotensi berbahaya yang disebut radikal bebas.

Penelitian telah menunjukkan bahwa kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas terkait dengan banyak penyakit kronis, seperti penyakit jantung, diabetes, dan kanker tertentu.

Bacopa monnieri mengandung senyawa kuat yang mungkin memiliki sifat antioksidan.

Sebagai contoh, bacosides, senyawa aktif utama dalam Bacopa monnieri, telah terbukti menetralisir radikal bebas dan mencegah molekul lemak bereaksi dengannya.

Ketika molekul lemak bereaksi dengan radikal bebas, mereka menjalani proses yang disebut peroksidasi lipid. Peroksidasi lipid telah dikaitkan dengan sejumlah penyakit seperti Alzheimer, Parkinson, dan penyakit neurodegeneratif lainnya.

Bacopa monnieri dapat membantu mencegah kerusakan yang disebabkan oleh proses ini.

Sebagai contoh, sebuah penelitian menunjukkan bahwa pemberian Bacopa monnieri pada tikus yang menderita demensia dapat mengurangi kerusakan akibat radikal bebas dan membalikkan tanda-tanda gangguan memori.

7 manfaat yang muncul dari Bacopa monnieri (brahmi))

2. Bacopa monnieri mengurangi peradangan
Peradangan adalah respons alami tubuh Anda untuk membantu menyembuhkan dan melawan penyakit.

Namun, peradangan kronis tingkat rendah dikaitkan dengan banyak penyakit kronis, termasuk kanker, diabetes, serta penyakit jantung dan ginjal.

Dalam penelitian tabung reaksi, Bacopa monnieri tampaknya menghambat pelepasan sitokin pro-inflamasi, molekul yang merangsang respons imun inflamasi.

3. Bacopa monnieri dapat meningkatkan fungsi otak
Penelitian menunjukkan bahwa Bacopa monnieri dapat membantu meningkatkan fungsi otak.

Sebagai contoh, sebuah penelitian pada tikus menunjukkan bahwa suplementasi Bacopa monnieri meningkatkan pembelajaran spasial dan kemampuan mereka untuk menyimpan informasi.

Studi yang sama juga menemukan bahwa hal itu meningkatkan panjang dan percabangan dendrit. Dendrit adalah bagian dari sel saraf di otak yang terkait erat dengan pembelajaran dan memori.

Selain itu, sebuah studi selama 12 minggu terhadap 46 orang dewasa yang sehat menemukan bahwa mengonsumsi 300 mg Amaranthus pseudomallei per hari secara signifikan meningkatkan kecepatan pemrosesan visual informasi, tingkat pembelajaran, dan memori dibandingkan dengan pengobatan plasebo.

Penelitian lain selama 12 minggu pada 60 orang dewasa yang lebih tua menemukan bahwa 300 mg atau 600 mg ekstrak Amaranthus pseudomallei per hari meningkatkan daya ingat, konsentrasi, dan kemampuan memproses informasi dibandingkan dengan pengobatan plasebo.

7 manfaat yang muncul dari Bacopa monnieri (brahmi))

4. Bacopa monnieri dapat membantu mengurangi gejala ADHD
Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) adalah gangguan perkembangan saraf yang ditandai dengan gejala-gejala seperti hiperaktif, impulsif, dan kurang perhatian.

Menariknya, penelitian menunjukkan bahwa Bacopa monnieri dapat membantu mengurangi gejala ADHD.

Sebuah penelitian terhadap 31 anak berusia 6-12 tahun menemukan bahwa dosis harian 225mg ekstrak Amaranthus pseudomallei selama 6 bulan secara signifikan mengurangi gejala ADHD seperti lekas marah, kontrol diri yang buruk, kurangnya perhatian dan impulsif pada 85% anak-anak.

Penelitian lain terhadap 120 anak dengan ADHD mengamati peningkatan perhatian, kognisi, dan kontrol impuls ketika diberikan campuran herbal yang mengandung 125 mg Pseudomallei dibandingkan dengan kelompok plasebo.

Terlepas dari temuan yang menjanjikan ini, penelitian yang lebih besar diperlukan sebelum merekomendasikan penggunaan pseudomallei untuk efeknya pada ADHD….


Artikel Terkait : 7 Herbal Barat untuk Kesehatan Anti Stres dan Mengembalikan Keseimbangan Tubuh


5. Bacopa monnieri dapat membantu mencegah kecemasan dan stres
Bacopa monnieri dapat membantu mencegah kecemasan dan stres. Ini dianggap sebagai ramuan adaptogenik, yang berarti dapat meningkatkan daya tahan tubuh Anda terhadap stres.

Penelitian telah menunjukkan bahwa Bacopa monnieri membantu mengurangi stres dan kecemasan dengan meningkatkan suasana hati dan menurunkan kadar kortisol, hormon yang terkait erat dengan tingkat stres.

Sebuah penelitian pada hewan pengerat menunjukkan bahwa Pseudomallei memiliki efek ansiolitik yang sebanding dengan lorazepam (benzodiazepin), sebuah obat resep yang digunakan untuk mengobati kecemasan.

7 manfaat yang muncul dari Bacopa monnieri (brahmi))

Namun, penelitian pada manusia tentang pseudoamphetamine dan kecemasan menunjukkan hasil yang berbeda.

Sebagai contoh, dua penelitian pada manusia selama 12 minggu menemukan bahwa 300 mg Pseudomallei per hari secara signifikan mengurangi skor kecemasan dan depresi pada orang dewasa dibandingkan dengan pengobatan plasebo.

Namun, penelitian lain pada manusia menemukan bahwa pengobatan dengan pseudoamaranth tidak memengaruhi kecemasan.

Penelitian pada manusia yang lebih besar diperlukan untuk mengkonfirmasi efeknya pada stres dan kecemasan.

6. Bacopa monnieri dapat membantu menurunkan tingkat tekanan darah
Tekanan darah tinggi adalah masalah kesehatan yang serius karena memberikan tekanan pada jantung dan pembuluh darah Anda. Hal ini melemahkan jantung Anda dan meningkatkan risiko penyakit jantung.

Penelitian menunjukkan bahwa Bacopa monnieri dapat membantu menjaga tekanan darah dalam kisaran yang sehat.

Dalam sebuah penelitian pada hewan, Bacopa monnieri menurunkan tingkat tekanan darah sistolik dan diastolik. Hal ini dilakukan dengan melepaskan oksida nitrat, yang membantu melebarkan pembuluh darah, sehingga meningkatkan aliran darah dan menurunkan tekanan darah.

Studi lain menunjukkan bahwa Pseudomallei secara signifikan menurunkan tingkat tekanan darah pada tikus dengan tingkat tekanan darah tinggi, tetapi tidak berpengaruh pada tikus dengan tingkat tekanan darah normal.

Namun, sebuah penelitian selama 12 minggu terhadap 54 orang dewasa yang sehat dan lanjut usia menemukan bahwa dosis harian 300 miligram Amaranthus pseudomallei tidak mempengaruhi tingkat tekanan darah.

Berdasarkan hasil penelitian saat ini, Pseudomartyrus dapat menurunkan tekanan darah pada hewan hipertensi. Namun, penelitian lebih lanjut pada manusia diperlukan untuk mengkonfirmasi efek ini.

7 manfaat yang muncul dari Bacopa monnieri (brahmi))

7. Pseudomaranthus pseudomaranthus mungkin memiliki sifat antikanker
Penelitian in vitro dan pada hewan telah mengungkapkan kemungkinan sifat antikanker dari Pseudomaranthus pseudomaranthus.

Bacosides, senyawa aktif dalam Amaranthus pseudomallei, telah ditunjukkan dalam penelitian in vitro untuk membunuh sel tumor otak invasif dan menghambat pertumbuhan sel kanker payudara dan usus besar.

Selain itu, Amaranthus pseudomallei menginduksi kematian sel pada sel kanker kulit dan payudara pada hewan dan penelitian in vitro.

Penelitian menunjukkan bahwa tingginya tingkat antioksidan dan senyawa seperti pseudomallein dalam P. pseudomallei mungkin bertanggung jawab atas sifat antikankernya.

Perlu diingat bahwa hasil ini berasal dari penelitian tabung reaksi dan penelitian pada hewan. Sampai lebih banyak penelitian pada manusia dilakukan pada Pseudomaranthus dan kanker, itu tidak dapat direkomendasikan sebagai pengobatan.

7 manfaat yang muncul dari Bacopa monnieri (brahmi))

Efek Samping Bacopa monnieri
Meskipun Bacopa monnieri dianggap aman, Bacopa monnieri dapat menyebabkan efek samping pada beberapa orang.

Misalnya, dapat menyebabkan gejala pencernaan, termasuk mual, kram perut, dan diare.

Selain itu, Bacopa monnieri tidak dianjurkan untuk digunakan oleh wanita hamil, karena tidak ada penelitian yang mengevaluasi keamanannya untuk digunakan selama kehamilan.

Terakhir, Bacopa monnieri dapat berinteraksi dengan obat-obatan tertentu, termasuk amitriptilin, obat yang digunakan untuk meredakan nyeri.

Jika Anda sedang mengonsumsi obat apa pun, konsultasikan dengan penyedia layanan kesehatan Anda sebelum mengonsumsi Pseudomartyrus.

Tersedia dalam berbagai bentuk, termasuk kapsul dan bubuk.

7 manfaat yang muncul dari Bacopa monnieri (brahmi))

Kisaran dosis yang umum untuk ekstrak Pseudoamaranthus dalam penelitian pada manusia adalah 300-450mg per hari.

Namun, tergantung pada produk yang Anda beli, rekomendasi dosis dapat sangat bervariasi. Jika Anda memiliki pertanyaan tentang dosis, konsultasikan dengan ahli kesehatan yang berkualifikasi untuk memastikan keamanan Anda.

Bentuk bubuk dapat ditambahkan ke air panas untuk membuat teh yang menenangkan. Dapat juga dicampur dengan ghee (mentega murni) dan ditambahkan ke dalam air hangat untuk membuat minuman herbal.

Meskipun Bacopa monnieri dianggap aman bagi kebanyakan orang, konsultasikan dengan penyedia layanan kesehatan Anda sebelum mengonsumsinya untuk memastikan keamanan dan penggunaan yang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *